Selasa, 09 November 2010

Jadilah Sahabat Bumi









Mungkin agan yang satu ini agak sedikit menyindir untuk Orang-orang yang mengaku seorang pencinta alam...

Memang ironisnya demikian hampir seluruh orang yang mengaku sebagai pecinta alam saat melakukuan kegiatan di alam bebas bukannya menjaga alam tetapi malah merusak alam tersebut.

Contohnya :
Saat para MAPALA atau KPA mengadakan Pendidikan di Gunung. Hampir banyak dari mereka menebang pepohonan hanya untuk di jadikan pelajaran membuat Bivak Alam atau sebagai penompang Tenda atau lain sebagainya. Dan tidak sedikit pula dari mereka membuang sampah seenaknya dengan cara Memendam dalam tanah agar tidak terlihat berserakan di lokasi tempat mereka Camp.

Coba agan agan bayangkan dampak kedepannya apabila hal tersebut dilakukan hampir banyak orang. Sudah pasti Gunung gunung yang ada di dunia ini hanya menunggu kehancurannya saja. Belum lagi di tambah dengan pembalakan liar yang terjadi belakangan ini.

Semoga menjadi renungan untuk kita-kita yang masih memiliki rasa kecintaan terhadap alam. Menebang pohon2 untuk menjadi pembelajaran bagi regenerasi memang tidak salah tapi ada baiknya apa yang kita ambil harus kita ganti dengan cara menanam bibit pohon. Dengan begitu akan mengurangi perusak alam yang makin marak.



Kembali ke LAPTOP...


Menurut saya sendiri arti PECINTA ALAM itu adalah orang yang sangat suka, sangat sayang, terpikat sekali, kasih sekali, rindu sekali, berharap sekali kepada segala sesuatu yang berada di langit dan di bumi. Maka saking CINTA nya mereka terhadap ALAM mereka tidak ingin melukai, merusak ALAM dan mereka berusaha menjaga, merawat dan melestarikan ALAM.

Dan kini telah banyak perubahan makna dan arti kata PECINTA ALAM. Kini arti dan penggunaan kata PECINTA ALAM sendiri telah bergeser menyerupai kata kata PENGGIAT ALAM yaitu orang yang senang melakukan kegiatan di alam bebas seperti mengadakan pendakian ke Gunung, menelusuri Goa, memanjat tebing dan lain sebagainya.

Pertanyaannya....?
SUDAH PANTASKAH KITA DI SEBUT SEBAGAI ORGANISASI ATAU INDIVIDU PECINTA ALAM....?

Kalau belum pantas, perlukah Anda merubah kata-kata PECINTA ALAM dari diri Anda atau Organisasi Anda menjadi PENGGIAT ALAM... atau Anda/Organisasi Anda merubah prilaku Anda terhadap ALAM ke arah yang lebih tepat seperti kata PECINTA ALAM tersebut.

Kalau sudah pantas, apa bukti kecintaan Anda terhadap ALAM ini.

Mengapa saya menulis ini karena Saya kurang lebih tau apa saja yang dilakukan oleh para Pecinta Alam. Karena saya pernah berada di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar